Ice Sun Weblog

Perbedaan Kamera Digital dengan kamera Analog

Posted on: 16 Januari 2011

Perbedaan Kamera Digital dengan kamera AnalogKamera digital belum mampu menangkap semua warna yang dipantulkan oleh matahari namun warna yang dihasilkan lebih kontras. Kamera digital juga kurang sensitif. kamera analog sudah hampir mampu menangkap seluruh warna yang diantulkan oleh matahari dan kamera analog juga cukup sensitive. Kamera analog merekam dengan film negative berwarna , slide flim positif dan hitam putih. Kamera digital merekam dengan pixel (picture element / elemen dasar dari film).

Fungsi Kamera Digital bagi Fotografer
Teknologi yang tak kenal batas semakin memudahkan masyarakat untuk belajar dan menguasai kamera tanpa harus sekolah fotografi atau kursus sejenis. Segala hal yang berhubungan dengan digital, selalu menyajikan kemudahan, termasuk kamera. Saat ini, siapa pun dapat mempelajari pemakaian kamera digital. Dengan budget antara 5 hingga 8 juta rupiah, kita sudah dapat membeli kamera digital jenis SLR berkualitas bagus. Kemudahan fitur-fitur dalam kamera digital memudahkan seorang amatir menguasai penggunaan kamera secara kilat.
Mengenai kelebihan dari kamera digital saku dan SLR
Kamera saku bentuknya mungil, ringan, simple dalam penggunaannya (user friendly) sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Tidak sulit untuk mengoperasikannya. Biasanya dilengkapi dengan optical dan digital zoom, sehingga penggunanya tidak perlu mengganti lensa ketika memotret.Dari segi harga lebih murah dibandingkan DSLR.
Kamera Digital Single Lens Reflect (DSLR) pada awalnya lebih dikenal dengan nama kamera single lens reflect (SLR) dengan media rekam berupa pita negatif film (klise). Kemudian seiring perkembangan zaman, media rekamnya digantikan oleh sebuah sensor digital ditambah media penyimpan data berbentuk memory card. Kamera jenis ini biasanya digunakan oleh para fotografer profesional maupun yang amatir. Dalam mengoperasikan kamera jenis ini setidaknya pengguna harus memahami dasar dasar ilmu fotografi terlebih dahulu. Karena sang user harus mengerti apa itu shutter speed, diafragma, ASA/ISO, serta memahami anatomi kamera DSLR yaitu body camera beserta tombol tombolnya, kegunaan masing masing lensa, dan perangkat pendukung lainnya seperti speed light (flash). Profesional photographer banyak mempergunakan kamera DSLR ini untuk membantu mengoptimalkan pekerjaan mereka.
Dibandingkan dengan kamera saku, kamera DSLR ini memiliki bobot yang lebih berat dan dimensi yang lebih besar. Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera DSLR lebih baik jika dibandingkan dengan kamera saku, serta tingkat noise lebih rendah jika dibandingkan dengan kamera saku pada tingkat kerapatan ISO yang sama. Karena kelebihannya inilah maka harga kamera DSLR jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga kamera saku.
Bagaimana tips dan strategi untuk memilih dan membeli kamera digital?
Saya pribadi memilih kamera yang nyaman untuk saya gunakan, karena dengan kenyamanan tersebut akan sangat membantu pekerjaan saya, dan untuk commercial project saya menggunakan kamera digital beresolusi tinggi agar client dapat mempergunakannya untuk kebutuhan billboard sekalipun.
Panjang fokus pengukuran
. Angka-angka ini mengacu pada panjang fokus adjustable, dalam milimeter, lensa Anda. Jarak diukur dari built-in sensor cahaya di bagian belakang kamera ke lensa di bagian depan.
Lens release Lensa rilis
Ini harus ditahan sementara memutar lensa untuk melepaskannya. Untuk melampirkan lensa lain tahan rilis, pop lensa dan gilirannya.
Shutter release Shutter release
Yang satu ini cukup penting, karena itu Anda menekan tombol untuk mengambil foto Setengah pers akan mengaktifkan autofocus.
Flash hot-shoe Flash hot-sepatu
Ini digunakan untuk melampirkan dan sinkronisasi flash eksternal senapan, yang menawarkan lebih banyak kekuatan dan fleksibilitas dari pop-up kilat.
Depth of field (DOF) preview button Kedalaman lapangan (DOF) tombol pratinjau
Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat seberapa banyak adegan akan tetap fokus dengan kecepatan rana yang Anda pilih.
Pop-up flash Pop-up flash
. Biasanya diaktifkan dengan tombol di bodi kamera, pop-up flash akan muncul secara otomatis dalam penuh “auto” dan beberapa “adegan” mode.
Finger wheel Finger roda
. Gunakan ini untuk menggulir ke pengaturan seperti aperture dan kecepatan rana serta fungsi internal (white balance, ISO, paparan dll).

Lens mount Lens mount
Digital SLRs menawarkan kemampuan untuk swap lensa, memberikan Anda lebih banyak kebebasan kreatif dengan tembakan Anda (dan kemungkinan tak ada habisnya kit baru).
Mode dial Mode
. Digunakan untuk bertukar antara modus bidikan.
Zoom dan fokus cincin
Digunakan untuk mengontrol panjang fokus lensa (untuk membuat subjek tampak lebih dekat atau lebih jauh) dan secara manual mengatur fokus.
Viewfinder
Single-lens reflex (SLR) Sistim ini memungkinkan anda untuk melihat apa kamera akan menembak, sampai saat anda menembaknya.
Card slot Card slot
. Memasukkan atau mengeluarkan kartu memori Anda di sini.. Spec lebih tinggi model memiliki segel tahan cuaca untuk mencegah hujan dan kelembaban.
Function buttons Fungsi tombol
Ini memberikan Anda akses ke menu utama dan fasilitas pemutaran gambar, serta fungsi lainnya termasuk memotong pendek zoom.
Filter thread Filter thread
. Lampirkan filter untuk lensa Anda di sini. Pengukuran diameter yang diperlukan biasanya dicetak pada lensa itu sendiri.
Thumb dial Thumb dial
. Sebuah perangkat pilihan sebanding dengan jari roda di depan kamera, memungkinkan Anda untuk mengubah pengaturan tanpa memasuki menu.

AE (auto-exposure) dan AF (autofocus) mengunci tombol
. Memungkinkan Anda untuk tetap dengan cahaya yang ada metering atau pengaturan fokus ketika Anda pindah ke kondisi yang lebih gelap atau lebih terang atau mengubah titik fokus.
Empat arah pemilih
. Ini digunakan untuk menavigasi menu. Pada beberapa model juga menawarkan potongan pendek ke pengaturan kamera.
Layar LCD
Hal ini memungkinkan Anda untuk meninjau gambar dan kamera mengakses menu utama. A 2-inch screen is now standard. A 2-inch layar sekarang standar.
Short-cut buttons / Pintas tombol
Sebagian besar menawarkan lebih DSLRs pintas tombol untuk akses cepat ke fungsi-fungsi seperti kompensasi eksposur (+/-), autofocus (AF), titik fokus dan modus pengambilan gambar terus menerus.
Top-plate LCD Top-piring LCD
Hal ini muncul pada model yang lebih mahal dan menampilkan informasi tentang pengaturan, baterai dan ruang tersisa pada kartu memori.
Dioptre
Sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengubah fokus dari jendela bidik sesuai penglihatan atau gelas.

5 Tanggapan to "Perbedaan Kamera Digital dengan kamera Analog"

lalu untuk kelebihan nya dari sisi kualitas nya itu bagaimana untuk kamere tersebut…

kalau untuk kualitas resolusi dan lensa mungkin kamera digital jauh lebih baik di banding kamera analog.
tetapi untuk kualitas hasil foto secara efek dan keindahan foto itu tergantung orangnya.
kalau saya sendiri lebih menyukai hasil foto analog menggunakan kamera Diana F+ ( Lomo ).

saya mempunyai kamera digital 10mp apakah hasil ya akan berkualitas atau tergantung dari resolusi kamera tersbut soalya saya tertarik juga dengan dunia fotografi

tentu bisa.
tetapi jika ingin lebih bagus gunakan aja settingan manual.
atur EV & sutter speed kamera serta ISOnya sesuai feeling anda.
jangan lupa pikirkan arah cahaya krna bsa mempengaruhi kepekaan lensa dalam menangkap cahaya.

saran saya banyak2 share ilmu sama org yg lebih expert & ikut workshop / seminar2 ttg fotography.

Wahh sangat membantušŸ˜€

Jika agan mau nyari Naruto Shippuden terbaru Download aja disini : http://rizky-kazegami.blogspot.com/

Arigatou

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • achmad: Nice share sob. kunjungi blog saya juga ya di : http://top-ilmu.blogspot.com/2012/11/perbedaan-printer-inkjet-laserjet-dotmatrik.html mksih. :)
  • jaenudin jms: maa cii? 8-)
  • Adab Iin: terimakasih banyak :*

Laman

Blog Stats

  • 27,398 hits

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2 pengikut lainnya

Kalender 2011

Januari 2011
S S R K J S M
« Mar    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Flickr Photos

Madeira - northwest coast

Butterfly

2016 Lake Yamanaka winter Fuji

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: