Ice Sun Weblog

6 Tipe Cinta

Posted on: 23 Juli 2008

Orang jatuh cinta sering melibatkan takdir. Mereka meras bahwa pertemuan mereka telah ditentukan,”bahwa kau tercipta untukku,akupun tercipta untukmu”. Meski sebenarnya semua itu terjadi cuman kebetulan saja. Padahal menurut pendapat para ahlinya,dua orang yang tengah jatuh cinta itu harus melihat masing-masing sebagai manusia yang memiliki keterbatasan serta tempatnya salah. Mereka juga harus melihat kenyataan bahwa hubungan mereka itu juga melibatkan orang lain disekitar mereka (“Ibarat dunia bukan milik berdua”). Dengan kata lain,cinta itu harus ada unsur kematang emosionalnya selain juga akal pikirannya yang sehat. Nah lho,para ahlinya berpendapat seperti itu! Yah…sebagaimana para sastrawan dan musisi dulu kala (bahkan hingga kini) berusaha mengungkapkan cinta demikian pula dengan para ahlinya.”Scientific Love?” Why not?Meski cinta itu adalah sesuatu yang suci,agung,dan mulia.tetapi bukankah demikian halnya anggapan umum pada suatu masa tentang cahaya,kilat/gravitasi?

Yang dimaksud dengan melakukan pendekatan secara ilmiah ini bukanlah untuk menjawab pertanyaan”apakah cinta itu?”ini hanyalah suatu upaya yang ditunjukkan untuk membantu kita dalam menyelesaikan masalah apapun yang berhubungan dengan cinta.itu diantaranya bisa ditempuh dengan mengajukan sederetan pertanyan atau Quetionaire secara mendetail pada banyak objek dalam jangka waktu yang lama.hasilnya akan dianalisis untuk kemudian dilakukan suatu perumusan.biasanya dengan Pikolog diteliti dengan tujuan untuk membantu memperjelas kekaburan antara aspek emosinal manusia dengan cinta”yang sesungguhnya”sang psikolog telah mengklasifikasi tipe cinta kedalam enam macam.Berikut adalah keenam macam-macam tipe itu:

1.Tipe Erotis

Orang-orang bertipe ini cirinya adalah sensual.kalau ada orang:”Alangkah beruntungnya aku bila mendapat kekasih seperti dia.bodynya seperti gitar,bibirnya selalu basah,…”nah orang itu pasti bertipe erotis ini.

2.Tipe Playboy

Yang masuk dalam katagori ini bukan Cuma playboy aja lho,tapi play girl juga.mereka adalah golongan pleasure seeking only.

3.Tipe Affectionist

Dia adalah seorang yang penuh kasih seperti Maria Marcedes dalam kisah telenovela yang pernah popular itu loh??inget kan???

4. Tipe Maniac

Bukan Cuma foto”si dia”aja yang tersimpan dalam dompet.ampe posternya pun terpasang di dinding kamar.pokoknya obsesi banget deh…

5. Tipe Realis

Realistis dan menyukai kepraktisan dalam cinta.si doi gak ingin cintanya Cuma sebatas kata-kata atau teori melulu dan ingin bukti nyatanya

6 Tipe Dutyful

Bagi golongan ini diri mereka seolah nggak ada artinya dibanding dengan pengabdian mereka.coba temen-temen dengerin lagu Dinda Bastari,lagu itu pas banget untuk menggambarkan orang-orang yng bertipe ini.mereka ini biasanya dihadapkan pada masalah antara tugas dan cinta!!!!!

Keenam tipe itu sebenernya ada pula pada diri tiap orang.namun salah satu yang paling dominan itulah yang akan menentukan tipe cinta itu.sementara itu keadaan lingkunagn atau latar belakang kehidupan seorang bisa merupakan faktor yang menentukan tipe cinta manakah yang paling dominan pada seorang.suatu hal kita bisa mengukur tingkat kesuksesan cinta itu berdasarkan keenam tipe cinta itu.begini,secara dragmatis keenam tipe cinta itu dapat di gambarkan sebagai sebuah bintang.yang dibentuk oleh dua buah segitiga.jika ada dua orang menjalin hubungan cinta dimana perbedaan itu besar misalnya seorang yang playboy yang seseorangnya lagi erotis atau dutyful,kemungkinan cinta mereka sukses itu kecil.tapi jika perbedaannya tidak besar,misal seorang yang bertipe dutyful yang satunya erotis ato affectionist ato malah tipe kedua cinta itu sama,maka tingkat kesuksesannya besar.tapi bukan jaminan sich!jodoh kan ditangan Tuhan??tapi mengingat bisa saja kedua orang yang tengah menjalani hubungan asmara itu beda tipe cintanya,belum lagi permasalahan yang mungkin terjadi akibat perbedaan itu,maka diagram tersebut bias-bisa sangat membantu cinta sebagai pertimbangan untuk menentukan langkah kedepan…So,termasuk tipe apakah cintamu?…do`imu…?kalo mau sukses dalam bercinta boleh dicoba dan sebenarnya kamu bisa belajar bagaimana meninjau cinta secara ilmiah itu.cobalah untuk mengenali tipe-tipe cinta ini,bukan hanya tipe cinta kamu dan doimu aja,tetapi tipe cinta orang-orang disekitarmu juga,bisa temen kamu,tetangga kamu,ato siapa ja lah…siapa tahu ntar kamu bukan Cuma bisa mengatasi permasalahan cinta kamu saja tetapi permasalahan cinta orang lain juga.dengan demikian bukankah kamu menjadi berguna?bukan hanya buat dirimu sendiri,tapi orang lain juga?selamat mencoba!!

Tag:

2 Tanggapan to "6 Tipe Cinta"

klo aku tipe cinta yang mana ya??

aku g`tau tipe aq yg mna…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • achmad: Nice share sob. kunjungi blog saya juga ya di : http://top-ilmu.blogspot.com/2012/11/perbedaan-printer-inkjet-laserjet-dotmatrik.html mksih. :)
  • jaenudin jms: maa cii? 8-)
  • Adab Iin: terimakasih banyak :*

Laman

Blog Stats

  • 27,398 hits

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2 pengikut lainnya

Kalender 2011

Juli 2008
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Flickr Photos

Madeira - northwest coast

Butterfly

2016 Lake Yamanaka winter Fuji

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: